Cara Cegah Klakson Motor Bersuara Sember

Farah

Klakson sangat vital sebagai tanda peringatan untuk menandai keberadaan kendaraan.

Jakarta, Indonesia —

Masalah yang kerap terjadi pada klakson¬†sepeda motor yakni suara terdengar ‘serak’ atau tidak nyaring. Kondisi itu sering kita alami seiring dengan usia motor yang dipakai.

Namun hal itu bisa dicegah dengan sejumlah cara agar suara klakson tetap nyaring bunyinya. Berikut penjelasan cara memperbaiki klakson yang suaranya sudah serak.

Hindari klakson terkena air

Dianjurkan saat mencuci motor tidak langsung menyemprotkan air pada komponen pengeras suara. Hal itu mengingat letak klakson sejumlah produk sepeda motor tidak tersembunyi sehingga mudah terkena air.

Untuk air bertekanan tinggi yang masuk ke bagian dalam klakson akan sulit dikeringkan. Tekanan air ini juga dapat menimbulkan benturan yang bersifat merusak pada komponen-komponen klakson.

Jaga kebersihan klakson

Salah satu penyebab klakson motor bersuara tidak nyaring adalah munculnya karat pada konektor. Keberadaan karat dapat disebabkan karena konektor yang basah dan tidak segera dikeringkan setelah tersiram air.

Selain itu, debu juga bisa menjadi biang masalah ketika berada pada konektor sehingga penyaluran arus listrik tak maksimal.

Bersihkan konektor dengan cairan khusus penghilang karat. Fungsinya untuk memperlancar aliran listrik.

(ryh/mik)

[Gambas:Video ]

Next Post

INFOGRAFIS: 10 Atlet dengan Pendapatan Terbesar 2020