8 Alasan Wisata ke Pulau Surgawi Mauritus

Farah

Selain pulau romantis Flic en Flac yang populer menjadi lokasi melamar pasangan, ada banyak alasan lain untuk berkunjung ke Mauritius.

Jakarta, Indonesia —

Mauritius, salah satu destinasi wisata bahari sekaligus habitat alam liar paling dilindungi di dunia, sedang dilanda bencana tumpahan minyak.

Saking gawatnya kondisi di sana, pemerintah Mauritus sampai menetapkan status krisis lingkungan.

Selain memiliki pulau romantis Flic en Flac yang sering menjadi lokasi melamar pasangan, ada banyak alasan lain untuk berkunjung ke Mauritius:

Pilihan Redaksi
  • 7 Objek Wisata Alam untuk ‘Vitamin Mata’
  • Beirut, Kota Kosmopolitan Mirip Paris di Timur Tengah
  • Laut Mauritius Ternodai Bencana Tumpahan Minyak Terbesar

1. Cuaca bersahabat

Mengutip Culture Trip, matahari bersinar sepanjang tahun di Mauritus. Di sini suhu tidak pernah turun kurang dari 16 derajat Celcius dan dapat dengan mudah mencapai hingga 35 derajat Celcius.

Negara ini hanya memiliki dua musim, musim panas antara Oktober dan April dan musim dingin selama enam bulan tersisa.

Saat musim hujan, suhu di Mauritius masih terbilang hangat.

2. Ragam pulau

BAIN BOEUF Mauriutius. Beautiful beach in northern Mauritius. Coin de Mire, white sand beach among Palm trees.Coin de Mire. (iStockphoto/Tomasz Banaczek)

Wisata antarpulau alias island hopping sangat bisa dilakukan di Mauritus, karena jarak antarpulaunya sangat dekat.

Dengan kapal cepat, turis bisa dengan mudah mencapai pulau-pulau terdekat, seperti Ile aux Cerfs, Ile aux Aigrettes, Ilot Gabriel, Ile d’Ambre, Ile au Ronde, Ile Benetiers, Ile de deux Cocos, Coin de Mire, atau Flat.

Kalau memesan paket wisata island hopping, perjalanan yang ditawarkan bisa termasuk makan siang, sajian pentas musik dan tari, menyelam, hiking, sampai bermain golf.

3. Destinasi menyelam

Khusus menyelam, ada sekitar 50 lokasi menyelam yang menakjubkan di perairan Mauritius, dengan tingkat kesulitan dan kedalaman yang bervariasi.

Dua dari situs menyelam terbaik Mauritius terletak tidak jauh dari Pearle Beach Hotel dan Villas Caroline Hotel di Flic en Flac, Rempart Serpent dan La Cathédrale.

Kedua situs tersebut mencerminkan dengan sempurna habitat bawah laut Samudera Hindia sebagai samudra terkaya untuk kehidupan akuatik.

4. Kawasan memancing

Laguna di Mauritus bingkai oleh terumbu karang dan kehidupan laut yang menakjubkan. Ada sekitar 4.000 spesies ikan dan kerang yang hidup di sekitar garis pantai pulau.

Turis yang ingin memancing bisa dengan menemukan kawanan ikan marlin dan tuna di sini.

Setiap tahunnya ada kompetisi Big Game Fishing di sini, di mana para pesaing datang untuk memancing ikan marlin biru yang legendaris.

5. Pulau hijau dan bersejarah

Sir Seewoosagur Ramgoolam Botanical GardensSir Seewoosagur Ramgoolam Botanical Gardens. (iStockphoto/Daniel_Malinowski)

Daratan Mauritius juga tak kalah menarik dengan bawah lautnya. Turis bisa menyambangi air terjun sampai mendaki pegunungan di sini.

Kebun raya tertua di bagian selatan pulau, Sir Seewoosagur Ramgoolam Botanical Gardens, memiliki 500 spesies tumbuhan, termasuk lili air raksasa dan lebih dari 80 jenis palem.

Di Île aux Aigrettes, turis dapat menemukan spesies endemik seperti kestrels dan merpati merah muda, serta kura-kura raksasa.

Situs Warisan Dunia UNESCO Le Morne Cultural Landscape, berupa tempat bersejarah yang melindungi budak yang melarikan diri di abad ke-18 dan ke-19.

Geopark Chamarel Seven Colored Earth sangat cocok bagi turis yang menggemari wisata alam liar. Bebatuan aneka warna yang disebabkan oleh fenomena geologis itu dikunjungi ribuan turis sepanjang tahun.

Mauritius Island natural geology phenomenon view over colorful Seven Coloured Earth of Charamel towards green rainforest. Charamel, Island of Mauritius, Republic of Mauritius, AfricaGeopark Chamarel Seven Colored Earth. (Istockphoto/Mlenny)

6. Pengamatan lumba-lumba dan paus

Berenang bersama lumba-lumba dan paus sangat bisa dilakukan di Mauritius.

Operator tur wisata biasanya mengantar turis berenang di sekitar Teluk Tamarin, di mana mamalia laut yang cerdas dan menawan itu berkumpul.

[Gambas:Instagram]

7. Rum dan teh

Selama lebih dari empat dekade, tanaman tebu menjadi ekspor utama dari Mauritius.

Turis dapat menjelajahi pabrik gula tua dan mencicipi gula mentah, serta mempelajari sejarah gula dan produksinya melalui pameran interaktif.

Jangan lupa untuk mencicipi salah satu produksi gula lokal dari pulau ini, rum, di penyulingan di Chamarel, St Aubin Rum Estate atau L’Aventure du Sucre.

Jika menggemari teh, kunjungi perkebunan teh Bois Cherie dan mencicipi lebih dari 10 jenis teh dalam campuran wangi.

8. Cukup terjangkau

Seperti yang dikutip dari situs Indian-Ocean, Banyak turis yang mengatakan kalau Mauritius merupakan destinasi wisata bahari kelas dunia yang biaya berwisatanya cukup terjangkau, bahkan dibandingkan perjalanan ke Eropa.

Ada banyak pilihan tempat makan murah sampai yang mahal di sini, tergantung anggaran wisata masing-masing turis.

Tak perlu membawa banyak uang tunai saat berkeliling, karena sudah banyak tempat kongko yang menerima kartu kredit dan debit di sini.

[Gambas:Instagram]

(ard)

[Gambas:Video ]

Next Post

Polisi Chicago Tangkap 100 Orang Terkait Kerusuhan

Jakarta, Indonesia — Sebanyak seratus orang ditangkap dan 13 anggota polisi luka dalam kerusuhan yang terjadi di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Seperti dilansir Associated Press, Selasa (12/8), kawasan pusat perbelanjaan Magnificent Mile di pusat kota Chicago dan sejumlah daerah juga rusak akibat dijarah oleh massa yang membuat kerusuhan. Menurut Kepala Kepolisian […]