7 Fakta Menarik ‘Ledakan’ Dynamite BTS

Farah

Berikut tujuh fakta seputar lagu Dynamite BTS yang menjadi hit di AS.

Jakarta, Indonesia —

Bangtan Boys alias BTS menjadi idol K-pop pertama yang berhasil merajai tangga lagu Hot 100 Billboard dan bertahan di posisi puncak selama dua pekan berturut-turut. Capaian tersebut mencatat sejarah baru dalam dunia industri musik Korea.

Saat wawancara dalam KBS News 9, BTS mengaku tidak pernah memperkirakan Dynamite ‘meledak’ begitu hebat di dunia, terutama Amerika Serikat.

Leader BTS, RM, mengungkapkan hal tersebut bisa terjadi berkat usaha, kerja keras, serta ketulusan mereka dalam beberapa tahun terakhir.




Ia juga menilai Dynamite bisa menjadi hit karena lagu tersebut sepenuhnya berbahasa Inggris dan memiliki genre disco-pop yang familiar di AS serta melodi ceria dan sederhana.

Berikut tujuh fakta seputar lagu Dynamite BTS yang menjadi hit di AS yang diambil dari berbagai sumber.

1. ‘Segrup’ dengan The Jonas Brothers

Forbes melaporkan bahwa BTS menjadi salah satu dari sedikit grup yang mampu mencapai mencapai posisi nomor satu di Billboard Hot 100 di pekan pertama perilisan lagunya.

Sebelum BTS, ada Boys II Men pada 1995 silam, kemudian grup R&B 112, lalu ada Aerosmith yang juga menjadi grup rock pertama untuk prestasi tersebut, kemudian ada The Jonas Brothers pada tahun lalu.

Foto Teaser Dynamite BTSForbes melaporkan bahwa BTS menjadi salah satu dari sedikit grup yang mampu mencapai mencapai posisi nomor satu di Billboard Hot 100 di pekan pertama perilisan lagunya. (dok. Big Hit Entertainment via Instagram @bts.bighitofficial)


2. Tak Ikut Garap Lagu

BTS diketahui tak terlibat secara langsung dalam pembuatan lagu Dynamite. Lagu itu dibuat David Stewart bersama Jessica Agombar.

Billboard melaporkan Dynamite menjadi lagu nomor satu pertama bagi kedua penulis lagu tersebut. Sebelumnya, mereka diketahui menggarap What a Man Gotta Do yang dibawakan oleh Jonas Brothers.


3. Suka Sejak Demo

Para personel BTS mengaku kepada ET bahwa mereka langsung jatuh hati mendengar aransemen lagu dan lirik Dynamite ketika masih dalam versi demo.

“Itu musik yang bagus banget bagi kami,” kata RM. “Kami memutuskan untuk melakukannya.. [untuk] mencoba sesuatu yang baru… dalam situasi seperti ini, pandemi,”

“Saya pikir semuanya melakukan dengan baik, cukup baik,” katanya. “Ketika kami pertama kali mendengar demonya, kami langsung jatuh cinta,”

NEW YORK, NEW YORK - FEBRUARY 21: K-pop boy band BTS visit the SiriusXM Studios on February 21, 2020 in New York City.   Cindy Ord/Getty Images for SiriusXM/AFPPara personel BTS mengaku kepada ET bahwa mereka langsung jatuh hati mendengar aransemen lagu dan lirik Dynamite ketika masih dalam versi demo. (Cindy Ord/Getty Images for SiriusXM/AFP)


4. Tambah Koleksi Rekor Guinness

Guinness World Records melaporkan bahwa Dynamite semakin menambah rekor dunia yang dikoleksi BTS, berkat rekor sebagai video YouTube paling banyak ditonton dalam 24 jam baik secara umum, berdasarkan kategori musik, serta sebagai musisi K-Pop.

“Selain itu, mereka saat ini memegang beberapa gelar Rekor Dunia Guinness lainnya termasuk artis K-pop pertama yang mencapai nomor satu di tangga album AS dan sebagian besar keterlibatan di Twitter,” kata pihak Guinness dalam laman resminya.

5. Rekor 24 Jam

Pada Minggu (23/8) waktu Amerika, YouTube mengumumkan bahwa video musik Dynamite sudah diputar sebanyak 101,1 juta kali dalam kurun 24 jam sejak dirilis Jumat (21/8) lalu.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa video musik BTS ‘Dynamite’ menetapkan rekor baru sepanjang masa, melampaui 100 juta penayangan dengan meraih 101,1 juta penayangan dalam 24 jam pertama,” kata juru bicara YouTube, sebagaimana dilansir Variety.

Bangtan Boys alias BTSPada Minggu (23/8) waktu Amerika, YouTube mengumumkan bahwa video musik Dynamite sudah diputar sebanyak 101,1 juta kali dalam kurun 24 jam sejak dirilis Jumat (21/8) lalu. (dok. Big Hit Entertainment)


6. Ucapan dari Moon Jae-in

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengucapkan selamat atas capaian Bangtan Boys alias BTS karena menjadi musisi K-Pop pertama yang berhasil merajai chart Billboard Hot 100.

Lagu baru sekaligus lagu perdana berbahasa Inggris penuh mereka, Dynamite yang dirilis 21 Agustus 2020 lalu berhasil merajai Billboard Hot 100 dan mencetak sejarah baru.

“Sungguh menakjubkan. Ini adalah prestasi luar biasa yang semakin meningkatkan kebanggaan pada K-pop,” kata Presiden Moon Jae-in melalui cuitannya, Selasa (1/9).


7. Cuan

Pemerintah Korea Selatan pada Senin (7/9) memperkirakan capaian BTS lewat lagu Dynamite yang menguasai tangga lagu Billboard Hot 100 memberikan efek pada ekonomi hingga 1,7 triliun won atau sekitar Rp21,1 triliun.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata bersama afiliasinya, Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea, capaian tersebut diproyeksikan menghasilkan 1,23 triliun won di sektor produksi dengan nilai tambah sekitar 480 miliar won.

Dalam data tersebut, sekitar 8.000 pekerjaan juga bisa dibuat karena BTS masuk dan merajai tangga lagu Billboard Hot 100.

[Gambas:Youtube]

Kini setelah berhasil merajai Hot 100 Billboard, BTS berharap bisa mendapatkan kesempatan sendiri tampil di atas panggung Grammy dan bisa membawa pulang piala dari ajang musik ternama di AS dan dunia.

“Pertama-tama, kami harus dinominasikan untuk penghargaan di Grammy dan tampil sebagai artis yang berdiri sendiri,” kata Suga. “Dan kami berani bermimpi mendapatkan trofi. Kami bisa memiliki mimpi bahagia.”

(chri/end)

[Gambas:Video ]

Next Post

NYALANG: Mencari Nyala di Ujung Jenaka