Asal-usul Mobil Pertama di Indonesia, Dimulai dari Solo

Farah

Jakarta, Indonesia — Riwayat mobil yang pertama kali berada di bumi Indonesia berkaitan dengan Sultan Soerakarta (sekarang Solo) Pakoe Boewono X. Pada 1894 dia membeli kendaraan bernama Benz Victoria Phaeton yang diimpor melalui Pelabuhan Semarang.

Pakoe Boewono X memesan mobil itu melalui perusahaan Prottle & Co yang bermarkas di Passer Besar, Surabaya, Jawa Timur. Mobil yang datang dari Eropa itu dibeli dengan nilai transaksi 10 ribu Gulden.

Asal-usul Mobil Pertama di Indonesia Mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen. ( Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Victoria Phaeton merupakan kendaraan versi modern yang lahir setelah Carl Benz menciptakan cikal bakal mobil bernama Benz Patent-Motorwagen pada 1886.

Beda dari Paten-Motorwagen dengan tiga roda kayu, Victoria Phaeton memiliki empat roda karet yang sangat keras. Mesin Victoria Phaeton yang berada di belakang berkapasitas 2.000 cc satu silinder yang menghasilkan 5 hp.

Kehadiran Victoria Phaeton di Indonesia sempat dianggap aneh sebab alat transportasi yang paling umum digunakan adalah kereta kuda. Masyarakat yang melihat kendaraan bisa berjalan tanpa ditarik kuda menyebut Victoria Phaeton sebagai ‘kereta setan’.

Setelah membeli Victoria Phaeton, 13 tahun kemudian atau tepatnya pada 1907 Pakoe Boewono X juga membeli mobil buatan Daimler bernama Britze Daimler yang menggendong mesin empat silinder bertenaga 45 hp.

Pada 1934, merek ternama dari Daimler AG, Mercedes-Benz membawa mobil 500 K yang punya mesin
5.000 cc delapan silinder supercharger ke dalam negeri. Tanpa supercharger tenaga yang disemburkan mobil ini 100 hp, tapi jika teknologi itu aktif mesin dapat melepas tenaga 160 hp.

Kecepatan tertinggi 500 K yakni 160 km per jam, itu merupakan sesuatu hal yang luar biasa mengingat bobot keseluruhan tipe 500 K sangat berat.

Benz merupakan salah satu pendiri grup Daimler yang memiliki merek ternama Mercedes-Benz. Sejarah Mercedes-Benz di Indonesia sudah diukir sejak 50 tahun yang lalu.

Lihat juga:

Titik Awal Sejarah Mobil, Dimulai dari Benz Tiga Roda

Asal-usul Mobil Pertama di Indonesia Motor pertama di Indonesia, Hildebrand und Wolfmüller. (Joachim Köhler via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))

Sejarah Otomotif Indonesia

Berdasarkan buku Kreta Setan (de duivelswagen), Autopioniers van Insulinde, F.F Habnit, moesson reeks, 1977, yang dirangkum James Luhulima di buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri ini, Penerbit Buku Kompas, 2012, sejarah otomotif Indonesia bukan dimulai dari mobil melainkan motor.

Setahun sebelum Victoria Phaeton mendarat di Indonesia, tepatnya pada 1893, kendaraan bermotor pertama yang berada di Indonesia adalah motor Hildebrand und Wolfmüller. Orang yang membawa masuk motor itu adalah John C Potter. (ryh/fea)

Next Post

Amas Antam Naik ke Rp776 Ribu per Gram Terdorong Virus Corona

Jakarta, Indonesia — Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp776 ribu per gram pada Selasa (11/2) atau menguat Rp1.000 dari Rp775 ribu per gram pada Senin (10/2). Begitu juga dengan harga pembelian kembali (buyback) yang ikut naik Rp2.000 menjadi Rp692 ribu per gram […]