8 Tips Backpacker Murah Ke Filipina

Irene

Backpacker murah memang selalu menjadi incaran yang tepat, terutama bagi para jiwa petualang yang mencari pengalaman baru. Berburu spot foto yang menarik, lokasi yang pastinya instagramable, menikmati alam yang menakjubkan, dan berbagai aktivitas berharga lainnya.

Filipina beberapa kali berada di peringkat pertama sebagai tempat wisata, hingga mengalahkan Bali di Indonesia.

Berbagai kalangan menjadi semakin penasaran dan menuju Filipina demi membuktikan keeksotikannya. Apalagi harga di sana mirip dengan Indonesia, sehingga kocek Rp5 juta sudah pasti akan tersisa untuk berlibur di Filipina, selama Anda pandai mengatur pengeluaran.

Berikut telah merangkum dari berbagai sumber dan pengalaman mengenai tips backpacker murah ke Filipina.

1 dari 8 halaman

1. Pilih Akomodasi Penerbangan Murah

Tips backpacker murah ke Filipina yang pertama dan utama bagi para wisatawan adalah akomodasi penerbangan yang murah. Pilihlah pesawat tipe ekonomi yang menawarkan harga-harga nya yang terjangkau, seperti Tiger Airways, Scoot, Cebu Pacific Air, AirAsia dan JetStar.

Namun jangan berharap mendapatkan fasilitas yang sama dengan penerbangan tingkat menengah ke atas. Dari sebuah pengalaman, diawali dengan naik kereta dari Yogyakarta memilih penerbangan dari Jakarta ke Filipina dengan transit ke Singapura.

BBC.com

Harganya sangat terjangkau meski membutuhkan perjuangan yang lebih berat. Anda harus beradu mencari dan berebut promo penerbangan, pastikan untuk selalu update info penerbangan lengkap ke Manila, Filipina. Namanya juga seorang backpacker, harus siap segala kondisi, yang penting tetap selalu bahagia.

Jika Anda ingin menikmati Pulau Palawan dan Cebu yang terkenal menandingi Pulau Bali, bisa menggunakan pesawat juga dari bandara Manila. Sebaiknya jangan beli yang menuju bandara lain, langsung ke Manila akan lebih murah. Biaya akomodasi pesawat bisa sekitar Rp 2 jutaan untuk PP.

2 dari 8 halaman

2. Naik Transportasi Umum

Tips backpacker murah ke Filipina berikutnya, Anda harus menggunakan transportasi lokal yang murah. Salah satunya naik Jeepney, bentuknya mirip dengan angkot namun lebih besar dan penuh warna.

Apalagi jika Anda ingin menikmati suasana malam di Filipina. Pasti akan dihibur dengan lampu kelap-kelap dan lagu yang membangkitkan semangat dari mobil-mobil Jeepney. Tidak beda jauh dengan Indonesia, Anda harus berhati-hati dengan jalurnya, pastikan naik di Jeepney dengan nomor dan tujuan yang tepat.

AFP PHOTO/NOEL CELIS

Kini di kota Manila, Filipina juga sudah tersedia LRT atau MRT untuk mempermudah perjalanan. Jikalau Anda berkunjung ke pulau lain, seperti Palawan dan Cebu, lebih baik gunakan Jeepney. Taksi biasa harganya bisa dua hingga tiga kali lipat.

Jeepney sekali jalan jika dekat, cukup membayar 7 peso (PHP), sekitar Rp 1800. Taksi sekali jalan bisa mencapai 59 peso, sekitar Rp15.900, sudah bisa untuk makan dua orang di sana.

3 dari 8 halaman

3. Menyempatkan Bermalam di Tempat Ibadah

Apabila Anda seorang muslim, cobalah untuk merasakan sensasi menginap di salah satu masjid di Filipina. Orang di sekitar masjid sangat baik, dari pengalaman dulu sampai diberi sarapan dan disambut hangat padahal baru pertama kali bertemu.

Banyak pula gereja yang bagus, pandai-pandailah merayu hati dan bersikap sopan. Orang Filipina banyak yang baik dan ramah layaknya berkunjung ke Indonesia. Tips backpacker murah ke Filipina ini sudah pasti membuat kantong Anda lebih terjaga jadi hemat banget.

4 dari 8 halaman

4. Sediakan Uang Peso, Dolar, dan ATM

Tips backpacker murah ke Filipina berikutnya, pasti dengan membawa uang saku yang cukup. Sediakan dari sebelum berangkat, tukar uang di money changer sebagian uang peso Filipina, dolar dan uang di ATM.

www.usatoday.com

Lembaran uang peso atau PHP Filipina khusus untuk belanja sehari-hari, uang dolar untuk berjaga-jaga jika uang Anda ternyata habis di luar dugaan jadi bisa ditukar di money changer sana pastinya lebih untung juga. Karena harga dollar di Filipina lebih menguntungkan dari di Indonesia.

Sediakan uang di ATM untuk mengantisipasi bila terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Semoga Anda tidak mengalami pencopetan dan selalu dipertemukan dengan orang baik. Sekali Tarik di ATM bersama, Anda akan dikenakan biaya admin sekitar 200 peso atau Rp54.200, mungkin saat ini ada kenaikan atau penurunan.

5 dari 8 halaman

5. Sedia Receh dan Selalu Berhati-hati

2019 /Azzura Zurae

Masih membahas mengenai uang dan transportasi. Pastikan Anda menyimpan unag receh Anda untuk membayar Jeepney dan taksi. Terkadang sopir taksi sengaja tidak memberi uang kembalian, menganggapnya sebagai uang tip dari wisatawan.

Jeepney biasanya memang masyarakat lokal banyak menggunakan receh yang pas. Mencoba berbaur layaknya orang Filipina, supaya tidak mudah ditipu. Percayakan arah dan tujuan Anda dengan Gmaps dan polisi. Terkadang ada sopir taksi yang sengaja memutar balik jalan supaya jauh, padahal arah tujuan sangatlah dekat.

6 dari 8 halaman

6. Menginap di Home Stay Murah

Tips backpacker murah ke Filipina yang menjadi utama juga ialah tempat menginap. Sebaiknya Anda cari referensi home stay yang murah di Filipina apa saja dan terdekat dengan lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Dekatnya lokasi akan membuat Anda lebih hemat biaya transportasi juga, karena cukup dengan jalan kaki.

Biaya satu malam di Filipina sebanding dengan harga penginapan di Kota Yogyakarta, fasilitas sederhana dengan kamar mandi luar, tapi sudah ada AC dan kamar bersih.

7 dari 8 halaman

7. Makan Murah di Pinggir Jalan

Pemenuhan gizi dan energi pasti membutuhkan makan, apalagi jika sempat mencicipi makanan khas Filipina. Menikmati makanan pinggir jalan di sana sangat terjangkau, bisa-bisa dapat yang setengah harga dari di Indonesia.

Beberapa mall di sana juga menyediakan makanan dan stand kecil dengan harga yang murah. Jangan heran jika ada yang menjajakan makanan nasi dan lauknya dengan piring yang dibungkus plastik bening.

Shutterstock/tiverylucky

Coba Anda bayangkan sejenak makan di pinggir jalan. Lalu piring plastik dimasukkan dalam plastik bening dan Anda disediakan sendok atau plastik bening untuk melapisi tangan ketika makan. Unik namun cita rasa makanan sudah pasti enak. Sekali makan bisa sekitar 15 hingga 27 peso atau Rp7500.

Kemudian cicipilah es krim khas Filipina, pasti bikin ketagihan, ada mangga, keju dan ubi ungu. Juga coba junkfood asli produk Filipina. Sebagian besar para backpacker yang khawatir tidak mendapat makanan halal, memilih jalan keluarnya makan di restoran junkfood.

8 dari 8 halaman

8. Beli Kuota di Luar Bandara

Mempersiapkan kuota internet Anda ketika di Indonesia, biasanya akan merogoh kocek yang cukup mahal. Salah satu solusi hematnya ialah dengan membeli kartu internet asli di Filipina. Selain harganya lebih murah, sinyal juga kuat.

2012

Jangan membeli di wilayah dalam bandara, sebaiknya jalan kaki keluar dulu dan jangan tergoda tumpangan. Pastikan Anda telah membuat peta sendiri dari Indonesia jika sudah sampai di bandara Manila harus langsug melangkahkan kaki kemana.

Persiapkan pula charger bentuk gepeng, sekarang sudah sangat mudah ditemukan.

Itulah beberapa tips backpacker murah ke Filipina. Semoga bermanfaat.

[kur]

Next Post

Erick Thohir Akan Sidak Produk Asing di Ritel Milik Angkasa Pura

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menegaskan bahwa pemberdayaan pengusaha lokal dan produk-produk lokal harus menjadi prioritas di Kementerian BUMN. Erick tidak mau nantinya dalam pengembangan usaha milik negara lebih didominasi oleh produk-produk asing. “Yang pasti, bagaimana pemberdayaan dari pengusaha lokal dan produk lokal ini harus menjadi prioritas. […]