5 Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering Lebaran

Farah

5 Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering Lebaran

Jakarta, Indonesia — Membuat kue kering adalah satu kegiatan yang identik dan ditunggu-tunggu jelang Lebaran. Meski tahun ini Lebaran mungkin tak dirayakan bersama keluarga besar karena anjuran untuk di rumah saja demi menekan laju kurva infeksi virus corona.

Namun ini tak berarti kalau Anda tak bisa melupakan tradisi membuat kue kering ini. Kue kering yang Anda buat masih jadi hantaran Lebaran demi penyambung silahturami yang tertunda di hari raya.

Ajak si kecil untuk membantu Anda membuat kue kering di rumah. Namun pastikan Anda tahu tips dan trik untuk membuat kue kering Lebaran agar tak gagal, renyah, dan rasanya enak.

Berikut tips dan trik anti gagal membuat kue kering.

1. Mengaduk mentega dan gula
Biasanya mentega dan gula dikocok bersamaan di awal proses membuat kue kering. Namun hati-hati, baca dengan seksama petunjuk resep kue yang Anda buat.

Untuk menghasilkan kue kering yang renyah kocok kedua bahan ini hingga berwarna putih pucat. Pastikan adonan sudah benar-benar pucat (berwarna putih) dan gula larut. Dalam beberapa kasus, ada orang yang cenderung tak sabar mengocok sampai pucat. Seringkali demi mempercepat pembuatan kue, orang memasukkan bahan lain sebelum ia berwarna putih. Kue yang dihasilkan pun tak serenyah yang diharapkan.

Jangan juga terlalu over mix karena kue kering bakal lumer saat dipanggang. 

2. Gunakan mentega dingin

Mentega dingin akan membantu membuat kue kering Anda jadi lebih renyah. Sebaliknya, memakai mentega cair akan membuat kue jadi rapuh dan tak terlalu renyah.

Ilustrasi memanggang kueFoto: Pexels
Ilustrasi memanggang kue

4. Ayak tepung

Berapa banyak dari Anda yang masih mengayak tepung terigu sebelum dicampur ke adonan kue?

Perlu disadari, mengayak tepung adalah hal yang penting untuk kerenyahan tepung. Mungkin terlihat sudah halus namun kenyataannya ada beberapa gumpalan kecil di dalam tepung yang bisa merusak tekstur kue kering Anda.

Mengayak juga akan membuat tepung jadi lebih halus sehingga adonan rata dan renyah tapi lumer di mulut.

Lihat juga:

Alasan Nastar dan Kastengel Identik Jadi Kue Kering Lebaran

5. Jangan simpan kue kering di lemari es

Kue kering yang sudah jadi harus disimpan ke dalam toples kedap udara dan bukan di dalam lemari es.

Kue tidak akan renyah lagi karena ia menyerap kelembapan udara di dalam lemari es. Simpan di dalam toples kedap udara, jika perlu tambahkan silica gel. (chs)

[Gambas:Video ]

Next Post

NYALANG: Mencari Tenang di Genggaman Alam