4 Resep Nasi Goreng Sederhana Ala Rumahan

Irene

Hampir semua orang di Indonesia suka dengan nasi goreng. Bahkan masakan asli Indonesia ini juga dikabarkan sudah mulai dikenal turis-turis asing yang berlibur ke Indonesia. Mudah sekali menemukan penjual nasi goreng di mana-mana, itu tandanya menu ini sangat populer.

Kamu sudah mulai bosan dengan masakan sehari-hari di rumah, ingin makan nasi goreng tapi tidak sabar mengantre, kenapa tidak mencoba memasaknya sendiri di rumah? Kamu bisa memakai bahan-bahan yang sederhana dari dapur di rumah. Memasak nasi goreng tidak membutuhkan waktu yang lama, maka dari itu menu ini sering jadi andalan anak kos saat lapar melanda.

Jangan takut gagal karena beberapa resep di bawah ini yang sudah rangkum dari berbagai sumber akan memudahkanmu membuat nasi goreng yang sederhana tapi tetap enak dan nikmat.

1 dari 4 halaman

1. Nasi Goreng Telur Orak-Arik

Dapur Kobe

Bahan-bahan
Dua piring nasi putih yang sudah didinginkan
2 butir telur ayam
Minyak goreng secukupnya
1 buah tomat, belah jadi empat

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
11 buah cabai rawit
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Kaldu ayam bubu secukupnya

Cara memasak:
Masak orak-arik telur hingga matang, sisihkan sebentar di tepi wajan. Kecilkan api.
Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga aroma wanginya ke luar. Masukkan tomat masak hingga layu sembari mengaduknya bersama telur hingga semua tercampur rata.

Koreksi rasa, tambahkan garam atau kaldu ayam bubuk jika dirasa nasi goreng kurang asin. Segera angkat nasi goreng yang telah matang, sajikan selagi masih hangat dengan tambahkan kerupuk, emping dan acar timun.

2 dari 4 halaman

2. Nasi Goreng Kacang Polong

2020

Bahan-bahan
3 sdm kacang polong
4 sdm minyak goreng
2 piring nasi putih
2 butir telur ayam, kocok lepas
2 lembar daun sawi, iris halus

Bumbu halus:
1/2 sdt garam
1 sdm kecap manis
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 butir cabai rawit
Lada bubuk secukupnya (optional)

Cara memasak:
Masak telur orak-arik lalu sisihkan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, lalu campur dengan telur. Masukkan kacang polong dan daun sawi ke dalam wajan, tumis bersamaan dengan bumbu dan juga telur aduk hingga rata. Masukkan nasi putih ke wajan aduk lagi hingga semuanya tercampur. Koreksi rasa, tambahkan bumbu jika dirasa kurang. Sajikan.

3 dari 4 halaman

3. Nasi Goreng Sosis Mentega

Pixabay/sharonang

Bahan-bahan:
2 sdm mentega
2 butir telur ayam kocok lepas
3 siung bawang merah cincang halus
Sayur pokcoy, potong sesuai selera dan secukupnya
3 buah sosis potong tipis-tipis
1 piring nasi
Lada bubuk secukupnya
Cabai bubuk secukupnya
Kecap asin secukupnya
Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara memasak:
Panaskan wajan dengan sedikit minyak dan mentega, masak telur orak-arik. Sisihkan telur di tepi wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, sosis, dan sayur pakcoy.
Tambahkan nasi, aduk rata semua bahan. Tambahkan juga kecap asin, lada bubuk, cabai bubuk, dan kaldu ayam secukupnya. Jangan lupa untuk koreksi rasa. Aduk rata semua bahan, masak hingga nasi goreng sosis mentega matang. Angkat nasi goreng, sajikan di piring selagi masih hangat.

4 dari 4 halaman

4. Nasi Goreng Terasi

2019 /Pixabay

Bahan-bahan:
3 sdm minyak goreng
Garam secukupnya
2 piring nasi putih
2 sdm kecap manis
1 batang daun bawang, iris tipis-tipis.

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
4 buah bawang merah
7 buah cabai merah
3 buah cabai rawit
2 sdt terasi
2 buah kemiri sangrai

Bahan pelengkap:
1 buah mentimun, potong bulat.
1 batang seledri, iris tipis.
2 butir telur untuk membuat telur dadar.
1 buah tomat merah, potong bulat.

Cara memasak:
Tumis bumbu halus dan daun bawang sembari terus diaduk hingga harum, untuk tingkat kepedasan bisa disesuaikan sesuai selera. Tambah nasi dan tuangkan kecap manis sesuai selera sambil terus diaduk sampai rata. Tambahkan garam secukupnya, aduk terus, masak hingga semua bumbu meresap. Angkat dan sajikan nasi goreng selagi masi hangat, jangan lupa tambahkan telur, mentimun, seledri dan tomat.

[nof]

Next Post

Menkes Terawan dan Kepala BNPB Jemput WNI yang Dikarantina di Natuna

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berangkat dari Jakarta untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang diobservasi di Kepulauan Natuna, Riau. “Hari ini hari yang berbahagia jadi kita semua sampai detik ini laporannya semua sehat. Jadi pada hari ini […]