3 Alasan Mengapa Perut Terasa Penuh dan kenyang di Pagi Hari

Irene

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dalam sehari. Namun bagi banyak orang, kadang mereka tidak merasa lapar ketika sarapan tiba sehingga melewatkannya.

Hal ini bahkan mereka alami ketika mereka sedang tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Hanya saja, memang tidak ada rasa lapar yang mereka rasakan padahal sudah cukup lama sejak terakhir kali mereka makan.

Pada pagi hari ini, sering muncul rasa mual yang membuat keinginan makan di pagi hari ini jadi sirna. Namun sebenarnya apa yang terjadi pada perut di pagi hari ini?

Dilansir dari Elite Daily, pakar nutrisi Michelle Blum, Lisa Hayim, dan Bridget Bennett menjelaskan penyebab terjadinya hal ini. Berikut sejumlah hal yang bisa membuat kamu jadi tidak nafsu makan di pagi hari.

1 dari 4 halaman

Masalah Metabolisme

Michelle Blum menjelaskan bahwa metabolisme tubuh mengalami cara kerja yang berbeda sepenuhnya ketika tidur.

“Metabolisme bekerja seperti perapian. Jika kamu terus melempar kayu, maka apinya semakin besar. Jika kamu tidak memberi bahan bakar pada api, maka api bakal mati. Hal ini terjadi ketika kamu tidur dan merupakan hal yang wajar karena kita tidak membutuhkan banyak energi ketika tidur,” terang Blum.

Ketika kamu terbangun di pagi hari, metabolisme tubuh kadang juga belum ikut terjaga. Sarapan merupakan waktu yang penting untuk memulai metabolisme dan membuatmu beraktivitas lebih baik selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Makan Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Makan dalam jumlah banyak sebelum tidur bisa menyebabkan hilangnya selera makan pada pagi hari. Hal ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur karena tubuh tubuh bekerja keras untuk mencernanya.

“Tubuhmu mungkin baru selesai mencerna sehingga rasa lapar belum akan muncul,” terang Lisa Hayim.

3 dari 4 halaman

Hormon

Hormon merupakan salah satu hal yang mempengaruhi tubuh dan menyebabkan rasa mual di pagi hari serta kurangnya selera makan.

“Tubuh mengeluarkan beberapa hormon berbeda saat bangun untuk membantu terjaga dan bergerak setelah istirahat semalaman. Selain memberi dorongan energi, hormon ini juga meningkatkan gula darah, yang penting dilakukan setelah 'berpuasa' semalaman. Lonjakan hormon ini mungkin merupakan penyebab mual yang muncul di pagi hari,” terang nutrisionis Briget Bennet.

“Perut kosong bisa memicu mual ketika melepaskan asam sebagai antisipasi untuk makan. Asam lambung ini mungkin menimbulkan rasa tak nyaman dan mual, sebagai tanda dari tubuh untuk memperoleh makanan agar asam bisa bekerja,” sambungnya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tidak Adanya Rasa Lapar

Mengingat sarapan merupakan hal penting untuk dilakukan, sebaiknya kamu lakukan penyesuaian terhadap hal ini.

“Mulai dengan camilan yang mudah dicerna seperti sepotong buah atau kacang. Makanan ini bakal mengawali metabolisme-mu dan membuatmu merasa lapar untuk sarapan dalam satu jam,” terang Hayim. [RWP]

Baca juga:
Ini Alasan Kenapa Kamu Merasa Mual saat Lapar
Penelitian: Kunci Menuju Pintu Hati Wanita adalah Perut Kenyang
Kenapa Seseorang Mudah Marah Ketika Tengah Lapar?
Sebelum Makan, Kenali Rasa Lapar Yang kamu Alami, Apakah dari Fisik atau Emosi

Next Post

Didi Kempot Dikukuhkan Menjadi Relawan Antinarkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengukuhkan penyanyi Didi Kempot sebagai relawan antinarkoba. Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol BNN Sulistyo Pudjo menilai Didi memiliki kreativitas yang tinggi dalam berkesenian tanpa menggunakan narkoba. Pengukuhan Didi sebagai relawan antinarkoba digelar di Kantor BNN, Cawang, Jakarta. Hadir dalam pengukuhan itu Kepala BNN Komjen Pol Heru […]