12 Ajang Olahraga Internasional Terganggu Virus Corona

Farah

Jakarta, Indonesia — Wabah virus corona menyebabkan sejumlah laga olahraga internasional terganggu. Setidaknya ada selusin event olahraga internasional yang dibatalkan atau ditunda karena virus corona dari Wuhan, China, yang mulai menyebar di sejumlah negara.

Cabang olahraga tersebut mulai sepak bola, badminton, atletik, tenis hingga Formula 1 dan Formula E.

Berikut 12 event olahraga internasional yang ikut terkena dampak dari wabah virus corona:

1. Liga Champions Asia

Sejumlah jadwal laga Liga Champions Asia yang mempertandingkan klub-klub dari China mulai ditunda. Ada empat klub dari Liga Super China yang ambil bagian di Liga Champions Asia yaitu Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua, Beijing FC, dan Shanghai SIPG.

Laga klub-klub dari China itu sedianya bakal digelar pada pekan pertama April. Namun dengan situasi darurat akibat virus corona, laga-laga tersebut bakal ditunda.

12 Ajang Olahraga Internasional Terganggu Virus CoronaPara pemain klub Liga Super China, Guangzhou Evergrande. (Photo by STR / AFP) / China OUT

Bahkan, pihak AFC memastikan seluruh jadwal Liga Champions Asia untuk tim-tim Asia Timur bakal ditunda.

“Setelah mempertimbangkan seluruh rencana logistik dan persiapan di zona Asia Timur, AFC memutuskan untuk memunda Liga Champions Asia 2020 (Zona Asia Timur),” demikian keterangan dari AFC.

2. Sepak Bola Wanita Kualifikasi Olimpiade

Laga salah satu grup kualifikasi olimpiade di cabang olahraga sepak bola wanita batal digelar di Wuhan China. Laga itu dialihkan ke Australia.

Sebanyak empat tim yang berlaga yaitu China, Taiwan, Australia, dan Thailand.

3. Kejuaraan Dunia Atletik Indoor

Kejuaraan Dunia Atletik Indoor yang sedianya digelar Maret di Nanjing juga mengalami penundaan. Laga ditunda hingga tahun depan.

4. China Masters Ditunda

Kejuaraan badminton internasional China Masters yang sedianya digelar pada 25 Februari hingga 1 Maret juga mengalami penundaan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Ilustrasi laga Indonesia Masters 2020. (Ilustrasi laga Indonesia Masters 2020. ( Indonesia/Andry Novelino)

Pihak Indonesia lebih dahulu menarik diri dari turnamen tersebut. Pihak BWF pun akhirnya memastikan laga China Masters ditunda.

5. Kejuaraan Badminton Asia Batal di Wuhan

Kejuaraan Badminton Asia yang sedianya digelar di Wuhan, China, pada 21-26 April, juga dibatalkan. Hingga kini BWF dan BAC masih mencari pengganti negara tuan rumah yang bersedia menggelar ajang yang jadi bagian kualifikasi Olimpiade 2020 di Tokyo.

12 Ajang Olahraga Internasional Terganggu Virus Corona

Indonesia sendiri menegaskan menolak untuk menggantikan Wuhan China sebagai tuan rumah.

6. Kualifikasi Olimpiade Cabor Tinju

Kualifikasi Olimpiade 2020 untuk cabang olahraga tinju juga batal digelar di Wuhan. Pihak Komite Olimpiade Internasional memastikan kualifikasi itu bakal digelar di Amman, Yordania, pada 3-11 Maret.

7. Kualifikasi Olimpiade Cabor Basket

Komite Olimpiade Internasional juga sudah memindahkan venue ajang kualifikasi Olimpiade 2020 dari Foshan ke Belgrade pada 6-9 Februari.

8. Formula 1

Salah satu seri Formula 1 di Shanghai China yang sedianya digelar pada 19 April mengalami penundaan hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Lihat juga:

Jadwal Pertandingan Piala Gubernur Jatim 2020

Pihak FIA dan Formula 1 masih mempelajari waktu alternatif yang tepat digelar di Shanghai.

9. Formula E

Ajang balap jet darat listrik Formula E memastikan tidak akan menggelar salah satu serinya di Sanya China yang rencananya digelar pada 21 Maret.

10. Tenis

Pihak Federasi Tenis Internasional sempat memindahkan ajan Kejuaraan Asia Oseania Grup I dari Dongguan China ke Nur-Sultan, Kazakhstan.

Belakangan, laga yang sedianya digelar pada 4-8 Februari itu ditunda karena Kazakhstan tak bersedia menjadi tuan rumah. Laga Grup I terdiri dari tim China, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, dan Uzbekistan.

11. Golf

Sejumlah ajang golf internasional juga mengalami pembatalan dan perubahan venue. Kejuaraan elite golf wanita LPGA yang sedianya digelar di Hainan, 5-8 Maret dibatalkan.

Lihat juga:

Resmi Teken Kontrak, Pacquiao vs McGregor Bisa Terwujud

Kejuaraan Honda LPGA Thailand pada 20-23 Februari dan di Kejuaraan Dunia Golf Wanita HSBC Singapura pada 27 Maret juga dibatalkan. Seri PGA Tour di China pada 25-28 Februari di Haikou China juga digeser ke Lagoi, Indonesia.

12. Hoki

Laga Liga Pro Hoki antara China dan Australia yang sedianya digelar pada 14-15 Maret juga dibatalkan. (bac/jun)

Next Post

Temui Mahfud, PGI Minta Segera Revisi SKB Soal Rumah Ibadah

Jakarta, Indonesia — Ketua Umum Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom menemui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Kamis (13/2) di Kemenkopolhukam. Dalam pertemuan itu, Gultom mengaku sempat menyampaikan keinginan agar pemerintah bersedia melakukan revisi Peraturan Bersama Menteri (PBM) Nomor 9 dan 8 Tahun […]