10 Tips Memanfaatkan Make Up Kedaluarsa, Supaya Tidak Terbuang Sia-Sia

Irene

Make up menjadi salah satu barang penting dan benda favorit untuk kaum hawa. Tidak heran banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk belanja make up.

Make upjuga kadang membuat wanita terbuai untuk membeli lagi dan lagi, terutama bila ada produk baru yang menawarkan berbagai kelebihan. Akhirnya koleksi make up bertambah dan melupakan yang sebelumnya, hingga akhirnya keburu kedaluarsa.

Harga make up yang cukup mahal tentu membuat Anda merasa sia-sia kalau dibuang begitu saja. Solusi terbaiknya ialah memanfaatkannya sebagai produk kecantikan lain yang tetap bermanfaat bagi diri Anda. Berikut telah rangkum mengenai tips memanfaatkan make up kadaluarsa dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Maskara

Tips memanfaatkan make up kedaluarsa selanjutnya ialah maskara. Apakah Anda pernah merasa kesal dengan maskara yang menggumpal? Sebenarnya masih bisa diselamatkan dengan menambah 1 hingga 3 tetes obat tetes mata.

Lain halnya bila maskara Anda sudah kedaluarsa, sebaiknya dicuci bersih menggunakan make up remover atau alkohol. Kemudian manfaatkan brush maskara sebagai alat merapikan bulu mata setelah pemakaian maskara, serta merapikan atau menyisir alis.

Tips selanjutnya, manfaatkan brush maskara untuk membersihkan kotoran kuku, karena bulunya yang halus akan mempermudah Anda. Bisa juga sebagai aplikator lip scrub, dengan meneteskan natural oil dan oles perlahan pada bibir.

2 dari 7 halaman

2. Lipstick

Tips memanfaatkan make up kedaluarsa berikutnya dengan si pahlawan penghilang pucat, ialah lipstick. Jika lipstick Anda sudah meleleh dan tidak aman diaplikasikan di bibir karena kedaluarsa? Manfaatkanlah dengan mencampurkan top coat atau kutek bening. Gunakanlah untuk mempercantik kuku Anda.

Sudah menjadi rahasia umum, lipstick juga bisa dimanfaatkan sebagai instant blush dan corrector saat melakukan make up di titik wajah seperti di bawah mata dan dark spot. Lipgloss juga bisa digunakan sebagai aplikator pada kelopak mata untuk tampil dengan glossy eyelid.

3 dari 7 halaman

3. Lip Balm

Masih berhubungan dengan make up untuk bibir, kali ini Anda bisa memanfaatkan pula lip balm kedaluarsa di rumah. Apakah sepatu Anda nampak dekil dan memudar? Lip balm menjadi solusi baiknya. Cukup dengan mengoles lip balm kedaluarsa Anda pada bagian sepatu. Hasilnya akan langsung nampak menjadi terkesan lebih bersih.

4. Toner

Umumnya toner digunakan sebagai pembersih dan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Beda hasilnya jika toner sudah kedaluarsa, Anda khawatir akan merusak kulit wajah.

Mary Makes Good

Manfaatkanlah make up toner kedaluarsa Anda sebagai pembersih layar laptop, handphone, perabot rumah, serta kaca supaya terhindar dari bakteri karena kandungan alkoholnya.

Jika toner Anda tidak mengandung alkohol, bisa dimanfaatkan sebagai pembersih tas dan sepatu berbahan kulit supaya tidak berdebu.

4 dari 7 halaman

5. Eye Shadow

Eye shadow yang sudah terlalu lama dipakai, pasti menjadi sarang bakteri yang bisa terpapar dalam sebuah pallet eye shadow. Memanfaatkan make up kedaluarsa dengan membuat eye shadow menjadi bubuk terlebih dahulu. Lalu campurkan dengan kuteks bening, dan jadilah kuteks warna-warna baru untuk percantik kuku Anda.

6. Kutek

2016 OPI

Tips memanfaatkan make up kedaluarsa berikutnya dengan koleksi kutek warna-warna yang tidak terpakai. Gunakanlah kutek sebagai inovasi membuat kreasi pada jepit rambut, gelas mug, menulis nama di benda, dan berbagai benda yang bisa dihias lainnya.

5 dari 7 halaman

7. Krim Pelembab

iStock

Krim pelembab atau moisturizer cream kedaluarsa bisa Anda manfaatkan sebagai masker rambut. Pastikan untuk menggunakannya pada ujung rambut saja, lalu bungkus dengan shower cap atau plastik wrap atau handuk sekitar 20 menit.

Kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Selain itu Anda juga bisa menggunakan krim pelembab kedaluarsa sebagai bahan pembersih tas, sepatu dan dompet berbahan kulit.

6 dari 7 halaman

8. Cleansing Oil

2017 SimoneDigital.com

Tips memanfaatkan make up kedaluarsa selanjutnya dengan cleansing oil. Daripada merasa berdosa membuang cleansing oil mahal, gunakanlah sebagai scrub kulit badan.

Campurkan cleansing oil dengan gula pasir, lalu balurkan dan gosok lembut di bagian kulit Anda. Dijamin memberi hasil kulit yang lembut, membersihkan sel kulit mati, terutama menghaluskan bagian siku dan lipatan kulit lain.

Selain untuk kulit, Anda juga bisa menggunakan cleansing oil sebagai pembersih furniture kayu di rumah supaya nampak baru, kembali mengkilap.

9. Shimmer, Highlighter dan Glitter

Ketiga alat make up seperti shimmer, highlighter dan glitter selalu pandai membuat wajah Anda nampak berkilau seperti para selebriti. Namun jika sudah tidak layak pakai, Anda bisa menggunakannya sebagai campuran kutek warna atau kutek yang bening untuk memberi kesan berkilau pada kuku cantik Anda.

7 dari 7 halaman

10. Sun Screen

shutterstock.com/Brzostowska

Krim penangkal cahaya matahari bagi kulit, terdapat sun screen krim wajah dan bentuk lotion. Tidak disangka ternyata penggunaannya yang jarang karena banyak bekerja di dalam ruangan, akhirnya sun screen masih banyak dan sudah kedaluarsa. Gunakanlah sun screen tidak terpakai tadi sebagai pembersih noda bekas sticker dan permen karet.

Itulah beberapa tips memanfaatkan make up kedaluarsa supaya tidak terbuang sia-sia. Gunakanlah semaksimal mungkin sebagai bentuk penghematan dan mengurangi produk-produk pembersih berbahan kimia berbahaya. Selamat mencoba.

[kur]

Next Post

Cara Lucinta Luna Ganti Status Jenis Kelamin di Pengadilan

Jakarta, Indonesia — Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan¬†mengabulkan permohonan pergantian pergantian status jenis kelamin selebritas Lucinta Luna. Hal itu tak lepas dari kesaksian keluarga soal kecenderungan psikologinya sejak kecil dan bukti dokumen yang kuat. Diketahui, Lucinta ditangkap polisi terkait penyalahgunaan psikotropika tanpa resep dokter. Polisi kemudian mengungkap perbedaan jenis kelamin […]